Pages

Subscribe Twitter

Kamis, 21 Mei 2009

Blogger : Membuat blog di Blogger (apa itu blog? mengapa blog?)

How to create a blog with Blogger
Blogger. Sebelum mengarah kepada cara membuat blog ada baiknya jika kita kenalan dulu dengan yang namanya blog. Kalau bicara sejarah, blog katanya dibuat oleh segelintir orang yang merasa bahwa menulis diary itu mengasyikkan. Apalagi mempublikasikannya di internet. Orang yang tertarik pada web diary (atau online diary) si pembuat diary akan meninggalkan komen demi mengapresiasi tulisan si pembuat diary itu. Disitulah awal mulanya kesenangan pada mempublikasikan diary di internet, yaitu ketika tulisan kita diapresiasi banyak orang.Pada awalnya kegiatan ini dilakukan perindividu dengan menyewa atau membeli hostingan di internet. Lama kelamaan, ternyata semakin banyak orang yang suka pada kegiatan tulis menulis dan ingin mempublikasikannya di internet. Dari suasanan inilah lahir situs-situs penyedia layanan online diary atau lebih populer dengan istilah blog. Salah satu situs penyedia layanan ini adalah blogger.com yang kini telah diakuisisi oleh Google. Situs lainnya ada Wordpress, Blogsome, Multiply, dll.

Ternyata semakin kesini fungsi blog semakin meluas. Tidak hanya untuk menulis catatan harian, Blog juga dapat digunakan untuk mempromosikan barang, e-commerce, pusat informasi, pusat download file, dan untuk dakwah islam juga (tentunya!).

Cara membuat blog. Pertama-tama, jika ingin membuat blog di blogger, pergilah ke blogger.com. Di sana anda akan melihat tampilan seperti ini :
Sebelum membuat akun baru pastikan Anda memiliki sebuah email dimana saja. Penjelasannya belakangan saja ya :). Form isian yang di wilayah biru adalah untuk registered user. Karena Anda adalah calon pengguna baru blogger, maka fokuskan pada daerah berwarna coklat pasir. Untuk memulai, klik tulisan "CREATE YOUR BLOG NOW"

Nanti akan muncul page baru lagi seperti ini :








Kalau sudah punya Google Account seperti email di Gmail, sebenarnya anda sudah bisa Login (jadi tak perlu daftar lagi, karena akun di blogger dapat diakses dengan akun Google!). Jika belum, maka isilah formulir ini sampai beres tanpa ada yang dikosongkan. Jangan lupa mencentang pada bagian I accept the Terms of Service artinya kita akan patuh pada peraturan Blogger. Kalau sudah, klik CONTINUE














Langkah ke-2 adalah memberi nama blog. Blog anda harus punya nama. Bagaimanapun identitas itu penting. Isikan dengan nama apapun. Yang penting namanya itu menggambarkan sekali apa yang ada di dalam blog Anda. Tak perlu khawatir, di depan nama ini bisa diganti kok. Sekarang bereksperimen dulu saja kalau Anda belum mendapatkan nama yang pas. Kemudian,langkah selanjutnya adalah menentukan alamat URL blog anda. Kira-kira anda mau alamat seperti apa? boleh nama anda, atau yang lainnya. Setelah mengisikan alamat blog Anda, coba klik link CEK KETERSEDIAAN sekadar mengecek apakah sudah ada yang menggunakan nama blog itu atau belum. Mengenai Opsi Lanjutan Tak perlu dihiraukan dulu. Kita akan mempelajarinya nanti-nanti saja. Klik LANJUTKAN.


Pilih Sebuah Template. Kini saatnya intuisi seni Anda yang berbicara. pilihlah template yang akan Anda gunakan sebagai desain blog Anda. Jangan sedih kalau stok templatenya sedikit. Nanti kita bisa mencari ribuan template-template keren (salah satunya template blog saya ini hehe...) di internet. Pilih saja sembarang kalau memang tidak ada yang benar-benar disukai. Masa sih gak ada? :D Klik LANJUTKAN








Wah? Sudah jadi lagi??!! Yap, bikin blog memang sesimple itu. Sekarang Anda tinggal mengklik MULAI BLOGGING dan mulai memposting tulisan pertama Anda.... [to be continued]




Kebetulan saya dapet video tutorialnya di Internet :




adsense kotak


1 komentar:

Catatan Seorang Ridwan mengatakan...

Terima kasih, ada lanjutannya? ^^

Posting Komentar