Pages

Subscribe Twitter

Sabtu, 09 Mei 2009

Blog Editor : Scribefire ~ Kini kalo mau menulis blog tidak repot lagi....


Scribe Fire adalah ekstensi untuk mozilla Web browser yang terintegrasi dengan browser kita agar kita dapat posting ke blog dengan sangat mudah sekali. seperti punya post editor sendiri, tanpa harus login manual ke dalam blogger (sesuatu yang melelahkan ya?). scribefire juga bisa mendrag dan mendrop teks berformat dari web mana saja, membuat notes dan mempostnya langsung ke blog kita. Asyik ya?!

sebelum mengenalnya ada baiknya anda menginstall terlebih dahulu add-ons ini di web mozilla firefox anda. klik di sini

Kalau sudah, maka barulah kita mengenal fitur-fitur yang ada di add-ons keren ini.

1. Tampilan utama.

Ketika add-ons kita sudah terinstall, untuk membangkitkan jendela editor scribefire cukup dengan menekan F8. try it now. If succed, you will see something like this :




jendela web akan memendek, dan muncul jedela editor scribefire. Untuk memulai posting, all you have to do is enroll your blog to integrate to this cool add-ons. Klik tombol add di tab "Blogs" pada sebelah kanan. Ikuti prosedur yang ada sampai blogmu terdaftar di dalam tab "Blogs". Kamu bisa mendaftar lebih dari satu blog lho!

Untuk memulai posting bisa langsung mengetik di space yang ada atau mengklik icon untuk membuat space mengetik yang baru. Kalau sudah, bisa mengklik tombol publish. Nanti akan muncul window macam begini :



Klik Publish, then you'll see the post has already posted!

Sekarang mari kita mengenal fitur-fitur yang lainnya yuk...

1. View
 Scribe fire menyediaka tiga pilihan view mode dalam mengedit posting. Ada teks based view, ada HTML based view, dan ada preview. Beda teks based view dan HTML view terletak pada diperlihatkan atau tidaknya tag-tag HTML dalam mode pengeditan. Sebelum dipublish, kiga bisa lihat what its looklike before published dengan tombol preview.

2. Editor Toolbar

toolbar ini mirip dengan yang ada di text editor pada umumnya. Hanya saja ada beberapa yang unik. Coba deh klik tanda segitiga hitam di paling kanan. Kamu akan melihat fitur menyisipkan post splitter. Fitur ini berfungsi baik di wordpress. Kita bisa embed gambar dan video dari youtube juga dengan cara yang sangat mudah lho!

3. Kalau mau edit postingan yang sebelumnya juga bisa kita lakukan di scribefire. caranya klik tab "Entries" kemudian klik tab "Posts". Di sana sudah ada history dari postingan kita sebelumnya yang bisa kita edit langsung. Ketika tombol publish diklik, scribefire akan mengkonfirmasi apakah publish kali ini adalah editan dari postingan sebelumnya.

4. Enhance MORE!!!!
Mau merasakan benefit lebih dari Scribefire? coba deh otak-atik icon2 ini :


Semoga dengan kemudahan ini blogger-blogger jadi lebih sering nulis ya....!




0 komentar:

Posting Komentar