Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 06 September 2009

Pasang Iklan

Ada kemajuan dari kehidupan blogging saya. Selain langganan yang bertambah banyak, pembeli cd yang bertambah juga perbulannya, komentar yang nambah juga frekuensinya perbulannya. Ternyata sudah ada yang tertarik masang iklan di blog saya! Subhanallah... saya juga agak kaget karena blog saya ini masih cupu. updatenya belum kontinue, kontennya masih copy paste. Traffiknya cuman ngandelin file-file ebook islami gratis buat didownload huahhhh..... jauh banget dari standar blog yang sehat... !!

Gak pernah nyangka ada kerabat yang mengaku tertarik pasang iklan di blog saya. Pas saya lihat traffik saya di sitemeter, page views saya hanya 97 perhari (rerata) total sejak awal baru 10ribuan. Hah... gak pantes banget deh ada orang yang tertarik masang iklan di blog saya. Tapi Allah maha menghibur. tiba-tiba aja hp saya dikirim pesan lewat chattingan bahwa ada yang tertarik masang iklan di blog saya. Dianya nanya tarif. Lhah! saya mau jawab apa? kebayang ditawarin pasang iklan juga belum pernah?! ya sudah, saya bilang saja mas nawarinnya berapa, ntar kalau deal saya pasang iklannya.

Lama-lama saya penasaran juga. berapa sih tarif pasaran pasang iklan di internet? Dari googling saya dapet info bahwa tarif terendah itu ada yang 20000 perbulannya. Yang tertinggi ada yang sampai 150 juta perbulan!!! coba tebak... situs apakah itu? jawabannya tak lain dan tak bukan adalah detiknews.com. Ya iyalah... hampir semua insan internet indonesia pasti butuh info terupdate dari situs berita itu. Gak heran pageviewsnya sampai 6juta perbulan (alamak?!!)

Di situs lain saya dapati bahwa tarif iklan juga bergantung dari bentuk iklannya. jenis iklan di blog itu ada yang namanya 1. Banner Header (Leaderboard 728px X 90px) 2. Banner Sidebar (Kotak 150px X 150px) 3. Banner Di Bawah Judul Post (Banner 468px X 60px) 4. Banner Di Bawah Tulisan Artikel (Banner 468px X 60px)5. Iklan Text Pada Sidebar Blog Lain 6. Iklan Text Pada Sidebar Iklan 7. Banner Pada Footer (Banner 468px X 60px).

Harganya juga dipatok ada yang bayar tiap bulan, tiap 3 bulan, tiap 6 bulan, dan tiap satu tahun.

Kemudian, yang ada di pikiran saya saat ini adalah bahwa saya belum siap memanage dan bertanggung jawab kalau-kalau ada yang mau pasang iklan. Maksudnya begini. Kalau perjanjiannya sewa buat 1 bulan, maka bisa jadi iklannya tetap saya pasang walau telah lebih dari 1 bulan dipasang gara-gara saya lupa waktu habisnya. Akhirnya jadi keuntungan buat pengiklan ya... gak papa deh... saya juga gak ngarep banyak pendapatan dari iklan untuk saat ini. Karena saya juga mash sibuk ngurusin Tugas Akhir buat kelulusan di ITB secepatnya. So, buat anda yang mau ngiklan di blog saya silahkan saja... mau dipasang dimana..? nanti saya pasang... tarifnya? ah, ambil yang termurah aja ya... 20ribu perbulan. Harapan saya bisa kontrak setahun sih... biar saya gak susah ngingetnya... hehe... kalau perbulan saya takut lupa dicabut iklannya kalau sudah expired dan gak diperpanjang.... (beuh jujur begini saya ya?) yah.. buat first advertiser boleh lah.... itung-itung ucapan terima kasih karena udah mau pasang iklan di blog saya yang belum ada apa-apanya ini. Hayu atuh ditunggu tawarannya... saya insya Allah Online terus via hp. kalau penting banget saya bales. Kalau sekedar say hai gak saya bales gak papa ya.... soalnya sekali bales lewat hape saya kena pulsa 550 rupiah.. (maklum... hp saya gak support java applikasi. Jadinya cuman bisa akses gprs dan ngandelin chat YM via sms... bukan browser atau chat aplication.. :)


0 komentar:

Posting Komentar