Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 09 Agustus 2009

20 tips dalam berinternet

Iseng bikin list mengenai tips, saya mencoba membuat 20 tips dalam berinternet. Semoga bermanfaat.. hehe..

  1. Mulailah dengan basmalah. Biar kita gak nyasar ke situs yang aneh-aneh. Juga biar kita bisa ngontrol waktu dalam berinternet. Kalau emang gak ada lagi yang dicari ya hentikanlah kegiatan berinternet. Kerjain yang lebih penting.
  2. Gunakan Google untuk pencarian apapun. Pelajari formulasi-formulasi kata yang bisa mempercepat pencarian kita. Misalnya menggunakan tanda petik ( " ) yang mengapit dua kata atau lebih. Tips lainnya bisa dilihat di sini.
  3. Gunakan browser yang cepat. Ada dua browser yang sekarang ini saling mengejar satu sama lain. Yaitu Mozilla firefox dan Google Chrome. Kedua-duanya adalah kakak beradik. Sebab Google Chrome adalah pengembangan dari Mozilla juga (open source sih..) Kalau Hape, Operamini jagonya. download mozilla di sini. Download Google chrome di sini. Download opera mini di sini.
  4. Kalau mau chatting, kalau mau yang cepet pake yang open source seperti ebuddy atau pidgin. Yahoo! mesenger lama di login ke Yahoo! nya. Download Yahoo Messenger di sini. Download eBuddy di sini. Download Pidgin di sini.
  5. Kalau mau blogging gimana selera. Kalau mau banyak yang berkunjung saya rekomendasikan pake wordpress. Karena wordpress itu lalu lintas usernya tinggi. Banyak fitur-fitur yang mendukung notifikasi dari update sebuah postingan baru. Tapi wordpress gak ngedukung pasang iklan. Kalau mau berkreasi dengan template dan kode-kode HTML maka saya rekomendasikan blogger. Templatenya banyak dan gratis dimana-mana. Blogger ngedukung buat pasang iklan. Mengenai penyedia jasa blogging lainnya seperti MySpace, Blogdetik,dll saya gak terlalu tahu hehe.. maaf..
  6. Manfaatkan Addons-Addons yang disediakan mozilla untuk mempermudah kegiatan berinternet kita. Seperti saya yang senang memposting blog,maka saya menggunakan Add-ons Scribefire yang ada di situsnya Add-ons MOzilla firefox. Ada juga add-ons yang mempercantik tampilan mozilla kita. Ada juga add-ons yang mendukung sekuriti pertukaran data. Ada juga add-ons yang mendukung pencarian google. Coba deh kunjungi situsnya dan cari tahu apa aja yang bisa memudahkan kita dalam berinternet ria. Klik linknya di sini.
  7. Cari kenalan lewat situs jejaring sosial. Yang paling populer adalah facebook. Yang kedua Populer adalah Friendster. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi saya lebih rekomendasikan facebook. Kenapa? suka aja hehe.. Friendster terlalu ribet.
  8. Hati-hati mencantumkan no.hape dan informasi-informasi penting lainnya di internet. Termasuk Foto. Orang jaman sekarang banyak yang usil. Bisa-bisa kita dikerjain dengan informasi-informasi yang sifatnya personal tadi. Apalagi nomer kartu kredit. Jangan ceroboh deh. Bisa-bisa harta kita dikuras sama orang yang tidak bertanggung jawab.
  9. Hati-hati dalam bertransaksi online. Cari reputasi orang yang menawarkan dagangan di internet. bisa dengan googling di internet atau lihat track recordnya. Kalau ada yang jual barang, pastikan ada fotonya. Pastikan juga dia ngasih alamat rumah. kalau udah yakin mau beli coba cross cek menggunakan dua nomor hape berbeda, Satu nomor kita ngaku beli dan titip pesan agar jangan dijual ke orang lain. Sementara no.hp lain kita gunakan dengan berpura-pura mau beli barang yang sama. lihat responnya. Apa si penjual jujur atau tidak. 
  10. Untuk urusan Downloading, gunakan Flash get atau internet download manager. Algoritma downloadingnya lebih cepat ketimbang download pake browser.
  11. Kalau mau download film, games, atau file-file lainnya download dari torrent. caranya tinggal gunakan Bittorrent atau utorrent. Cari situs penyedia file torrent. kemudian download file torrent yang ada dan buka menggunakan Bittorrent atau utorrent.
  12. No Offense please.. Jangan mencemarkan nama baik orang lain di internet. Jangan menghina atau berbuat sesuatu yang mengganggu kehidupan personal seseorang. Berita dapat menyebar begitu cepat di internet. Kalau kita ada salah-salah kata bisa-bisa kena cekal atau dimusuhi pengguna internet di dunia. Be careful oke..!
  13. Jangan mudah tergiur tawaran-tawaran yang menjanjikan uang banyak dengan cara-cara yang sangat mudah atau dengan syarat mengirimkan sejumlah uang. Di internet juga ada penipuan. Tulisan-tulisan seperti : "Selamat! anda adalah pengunjung ke 999.999! klik untuk mengambil hadiah" adalah pembohongan publik, tapi masih ringan sifatnya kalau cuman mengundang kita ke sebuah site tertentu. Yang parah adalah kalau ajakan itu diiringi dengan aakn untuk menyetor sejumlah uang demi mencairkan hadiah. Jangan mau..!
  14. Ketika kita membuka email akan ada saja seseorang yang mengaku membutuhkan pinjaman uang agar dapat mencairkan uangnya di bank yang senilai milyaran rupiah dengan mentransferkannya ke sebuah rekening. Si orang ini berdalih akan mengembalikan uang yang dipinjam plus bonus yang akan kita terima dari uang yang dicairkan lewat bank. Jangan percaya janji-janji murahan seperti ini. Yang ada uang kita raib dan gak tahu yang yang menipu kita
  15. Hati-hati download dari rapidshare! Kadang-kadang ada link yang diklaim berisi sebuah useraccount premium rapidshare yang unlimited. Padahal, ketika kita buka isinya adalah virus. Hati-hati juga memilih rapidshare downloader, siapa tahu yang Anda download bukan rapidshare downloader, melainkan virus atau spyware.
  16. Hati-hati juga mencari crack atau serial number dari sebuah situs penyedia serial number atau crack, karena terkadang yang kita donwload bukan hal yang kita cari, melainkan virus...
  17. Sekarang nelpon lewat internet jadi gampang. Tinggal pake Yahoo! Messenger versi 9 trus telepon ke orang yang kita tuju yang pake Yahoo! messenger juga. Selama orang yang kita tuju punya mic dan speaker, maka telepon bisa gratis sepuasnya! Saya baru nyoba YM versi 9. belum tahu kalo versi jadulnya mah..
  18. Menggunakan internet sebelum jam 6 pagi lebih cepat dari pada setelah jam 6 pagi. jam 6 pagi sampe jam 10 malem itu jam-jam sibuk.
  19. Jangan sembarangan install program yang tiba-tiba ditawarkan untuk didownload dari internet. Apalagi dari situs yang gak dikenal kredibilitasnya. Bisa-bisa yang diinstal itu virus!
  20. Jaga keamanan dari sebuah situs dengan add-ons mozillla untuk keperluan sekuritas. Atau, bisa juga menggunakan McAfee Site Advisor. Cara kerja aplikasi ini adalah memantau tingkat kepercayaan dari tiap situs yang ada di internet. Mereka juga bisa tahu apakah sebuah situs pernah terkena kasus ketidakpercayaan atau tindak kriminal dari laporan-laporan yang ada. Jika ada situs yang berbahaya atau diragukan kepercayaannya, maka aplikasi2 ini akan memberikan warning untuk anda. Cari tahu lebih lanjut di sini dan di sini.


0 komentar:

Posting Komentar