Pages

Subscribe Twitter

Kamis, 11 Juni 2009

Melihat seluruh komentar yang tertinggal di blog kita (recent comments/ komentar terbaru)

Kalau blogging sudah jadi aktivitas rutin jumlah postingan akan semakin banyak. Banyaknya jumlah itu membuat kita susah mengontrol dan memonitor blog mana saja yang sudah diberikan komentar selama kita tidak online.  Nah, ada cara yang sederhana agar kita bisa melihat komentar-komentar orang dari segenap postingan yang. Yaitu dengan menggunakan "comment feed"

Apa itu feed? menurut wikipedia, feed adalah sebuah data format yang digunakan untuk menyediakan pengguna (pengunjung) dengan perkembangan terbaru dari sebuah web atau blog. Bisa postingan terbaru atau comment terbaru. Nah, data format ini kalau dimanfaatkan atau digunakan dengan sebuah perangkat, baru bisa menampilkan perkembangan terbaru dari blog atau komment di blog kita. Perangkat ini dinamai internet aggregator. Perangkat inilah yang bertugas untuk memantau perkembangan/update dari sebuah blog dan menampilkannya sesuai kebutuhan.

Contoh, kalau kita ingin menampilkan comment-comment terbaru dari blog kita dan kita perlihatkan di sebuah widget dalam sidebar kita. Maka pertama-tama pergilah ke [add gadget] pada bagian [tata letak]. Kalau sudah, nanti akan muncul window seperti berikut :


Nah, kemudian, masukkan dalam kolom isian alamat dari comment feed kita. Alamat itu biasanya adalah :

http://your_blog_name.blogspot.com/feeds/comments/default

kemudian klik [lanjutkan]. Kalau sudah nanti akan muncul di sidebar (atau dimanapun kita letakkan)  sebuah widget yang berisi comment-comment terakhir yang diberikan dalam blog kita.

nanti hasilnya akan mirip seperti ini :



Ada yang lebih prktis, yaitu langsung mengetikkan alamat feed kita di address bar pda browser. Nanti akan muncul lebih banyak komentar yang ditinggalkan orang di blog kita. Contoh, klik link ini :
http://yahdisiradj.blogspot.com/feeds/comments/default




1 komentar:

ex genvil mengatakan...

koq tampilan di blog saya ga seperti itu yah..
tolon di bantu.. trims..

Posting Komentar