Pages

Subscribe Twitter

Kamis, 30 April 2009

Bersihkan harddisk dengan C Cleaner

Kini tak usah risih kalau muncul warning dari windows yang mengatakan bahwa harddisk kita mengalami low space. Biasanya muncul kata-kata "System C: is low space. Free some space by clicking this balloon". Akibat dari suatu partisi yang teralu penuh adalah melambatnya cara kerja sistem, loading program yang lama, bahkan bisa nge-hank. Tentu hal itu akan menjadi nightmare kalau kita sedang mengerjakan tugas kuliah yang deadlinenya hanya tinggal beberapa jam saja. Waktu menjadi sangat berharga pada saat itu.

Tapi jangan panik, hal ini memang biasa dalam sistem operasi windows. Apa pasal? Harddisk yang terlalu penuh salah satu sebabnya dapat terjadi jika kita secara tidak sadar menumpuk file-file temporary dalam folder Local settings di C:/document and settings/[dir akun anda]/Local settings sebagai prosedur standar windows dalam beroperasi. Biasanya, file-file temporary ini disimpan oleh windows agar kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, windows tinggal menggunakan file temporary yang ada. Tapi, bukannya membuat kinerja windows efektif, file-file yemp yang bertumpuk itu semakin menyesakkan drive C: yang defaultnya butuh sekian besar free space agar komputer dapat berfikir normal.

Jangan kaget, besar dari file-file temporary itu bisa mencapai 2Gb lebih!!! Penumpukan file temporary itu terus ada dan bersemayam dalam harddisk kita tanpa begitu terasa berguna keberadaannya di harddisk kita. Dengan kata lain, kalau kita dapat menghapusnya, maka drive C: bisa mendapatkan kembali sekian besar free space untuk berfikir dan beroperasi.

Nah, untuk membersihkan file-file yang bersemayam namun keberadaannya terasa tak kita butuhkan, banyak sekali software yang tersedia yang bertugas membersihkan komputer kita dari file-file yang tidak kita butuhkan. Namun, dari sekian banyak software itu, saya merekomendasikan C Cleaner, sebuah freeware system optimization, privacy dan cleanig tool. Software ini dapat menghapus file-file system dan temporary yang tidak kita butuhkan yang membuat Windows berjalan lebih cepat dan membebaskan sekian banyak space dari hard disk.. Selain itu, C Cleaner juga membersihkan jejak-jejak dari aktivitas browsing kita berupa cookies dan internet history yang jarang kita butuhkan. Tapi tidak itu saja, C cleaner juga memiliki registry cleaner yang bisa membuang file-file registry yang tidak kita butuhkan. Namun yang lebih penting lagi ialah bahwa C cleaner bekerja sangat cepat dan tidak mengandung Spyware atau Adware. Keren kan?! So, kenapa gak dicoba?

Downlaod di sini

0 komentar:

Posting Komentar